Monday, February 2, 2015

Pantai Pandawa


Bali memang tak pernah sepi pengunjung. Wisatawan domestik maupun manca negara berbondong-bondong mengunjungi pulau dewata ini setiap tahun. Dengan panorama, budaya, dan keindahan pantai yang terkenal, Bali selalu menjadi pilihan favorit untuk menghabiskan waktu luang saat liburan.
Mungkin kita bosan dengan pantai Kuta, Sanur, atau Nusa Dua yang sudah biasa dikunjungi setiap kali. Saat ini, Bali membuka objek wisata baru yang lebih menarik dan tidak hanya sekadar pantai dengan ombak yang menggulung-gulung idaman para peselancar, tetapi pantai ini memiliki unsur budaya dan seni khas Indonesia. Nama pantai ini adalah pantai Pandawa. Terletak di desa Kutuh sekitar tiga kilometer dari Nusa Dua.


Pantai ini memiliki pemandangan yang masih sangat asli dengan tebing-tebing tinggi di samping ruas jalan dan beberapa batu karang di tepi pantai. Pantai ini juga sering disebut the secret beach karena cukup jauh dari keramaian. Lalu, dimana unsur budayanya? Yang paling unik dari pantai ini adalah patung kelima pandawa, yakni Yudhistira/Dharawangsa, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Karena itulah pantai ini disebut dengan pantai Pandawa. Patung-patung setinggi kurang lebih 3,5 meter itu dibangun di dalam ceruk-ceruk yang dibuat pada tebing batu.


patung-pandawa
Sumber : http://www.kompas.com/

Sebelumnya, pantai Pandawa tidaklah terkenal dan sepi pengunjung. Daerah ini merupakan kawasan nelayan dan produksi rumput laut. Sampai sekarang pun masih dapat dijumpai kapal-kapal kecil nelayan di tepi pantai. Suasana yang masih sangat alami menjadi salah satu keunggulan pantai ini dan kini menjadi semakin menarik dengan adanya patung-patung pandawa yang berada di tebing di sekitar pantai. Patung-patung tersebut memang bertujuan untuk menarik minat wisatawan agar tidak jenuh dengan objek-objek wisata yang sudah ada. Dengan pantai Pandawa ini, diharapkan para pengunjung dapat mencoba suasana baru dengan menunjukkan budaya Indonesia yang menarik.
Pantai Pandawa sendiri masih dalam tahap pengembangan dan pembangunan, dengan upaya agar pantai ini menjadi lebih nyaman dan menyenangkan untuk dikunjungi. Tidak seperti dulu yang masih beralaskan batuan dan pasir, saat ini pantai Pandawa memiliki tempat parkir yang luas dengan paving block serta kursi santai dengan kanopi yang mengarah ke pantai. Mungkin dengan ditambahnya fasilitas umum seperti toilet dan pusat informasi akan mempermudah wisatawan menikmati kenyamanan pariwisata di pantai Pandawa. Jika masih belum begitu mengenal daerah di Bali dan takut tersesat, tak perlu khawatir, karena di tengah perkembangan teknologi dewasa ini akan dengan mudah menemukan lokasi pantai Pandawa melalui Google Maps.


jalan-pantai-pandawa
Sumber : http://blog.kutaraya.com/

Di sekitar pantai Pandawa juga terdapat beberapa vila dan penginapan yang menyenangkan untuk dihuni selama berlibur ke Bali. Karena selain pantai yang yang masih sangat asri, juga terdapat pemandangan lembah hijau di sepanjang jalan. Sambil menyelam minum air, tidak hanya dapat menikmati panorama Bali yang menyenangkan untuk berlibur, kita juga dapat tinggal di penginapan yang tidak jauh dari pantai.


pantai-pandawa
Sumber : http://www.tourbaliku.com/

Diharapkan kita sebagai wisatawan domestik dapat mengembangkan objek wisata dalam negeri sekaligus dengan budayanya. Jika objek wisata Indonesia mendapat dukungan baik dari warga negara Indonesia sendiri, tentu akan menjadikan objek wisata di Indonesia menjadi lebih menarik dan dapat mengenalkan pariwisata serta budaya sendiri di mata dunia. Hal itu tentu akan sangat membanggakan, bukan? Mari dukung pariwisata Indonesia!

0 Komentar

Post a Comment